Memasak Bersama Jiebu

ASAHI memiliki beberapa divisi yang memiliki berbagai program kerja yang berbeda, nah salah satunya adalah divisi kewirausahaan atau disebut dengan Jiebu. Kegiatan pertama yang dilakukan oleh teman-teman dari jiebu adalah berlatih memasak miso soup dan omurice yang akan dijual pada event Nihon Matsuri 2015 bulan Juni nanti. Untuk itulah, hari Minggu tanggal 5 April 2015 kemarin, beberapa anak dari Jiebu pergi berbelanja ke toko yang menjual bahan masakan Jepang. Saat sampai di sana, ternyata mata anggota Jiebu juga tergoda oleh berbagai macam alat masak yang juga di jual di sana dan sempat terlintas pemikiran untuk menambah inventaris ASAHI berupa beberapa alat masak baru. Semoga terlaksana ya~
Setelah berkeliling toko dan memilih akhirnya diputuskan untuk hari itu Jiebu membeli, beberapa bahan untuk membuat miso soup, yaitu : miso, kaldu ikan, tahu jepang, dan wakame.

Jpeg

anak-anak Jiebu memilih bahan masakan

Kegiatan memasaknya sendiri baru dilakukan hari Sabtu tanggal 11 April 2015, karena terkendala dengan kesibukan masing-masing anggotanya. Setelah bahan-bahan masakan itu terlantar selama seminggu, akhirnya hari Sabtu siang, kegiatan latihan memasak Jiebu pun dimulai! Masakan pertama yang akan dibuat yaitu Miso Soup, kira-kira apa saja sih bahan-bahan membuat miso soup? Dan bagaimana ya cara membuatnya? Ini dia sedikit penjelasan dari Jiebu!

IMG-20150411-WA0000

Bahan Membuat Miso Soup

Miso Soup Bahan : Miso 1/3 sendok makan Kaldu ikan 1 sachet Air 600cc Tahu Jepang Wakame Cara Membuat :

  1. Rebus air 600cc hingga setengah mendidih,
  2. Masukkan kaldu ikan satu sachet dan miso 1/3 sendok makan,
  3. Rebus sampai mendidih, masukkan tahu Jepang, dan tungu sambil diaduk rata hingga mengembang,
  4. Sementara itu rebus wakame sampai mengembang, setelah rebusan miso siap, masukkan dalam miso.
  5. Miso Soup siap disajikan.
IMG-20150411-WA0010

Hasil Jadi Miso Soup

Bagaimana? Mudah dan singkat kan cara membuatnya? Resep ini sendiri bisa digunakan untuk 3-4 porsi mangkuk kecil Miso Soup, jadi bagi yang ingin mencobanya, setelah matang bisa digunakan untuk makan beramai-ramai bersama keluarga atau teman. Chef dari Jiebu sendiri berpesan, bila ingin mendapatkan rasa yang benar-benar Jepang (日本の味), kalian hanya perlu menambah takaran Miso pada soup yang kalian buat. Tapi, bersiaplah dengan rasa asin dan pekatnya miso yang sedikit kurang cocok dengan lidah orang Indonesia. Di Jepang sendiri Miso Soup biasa dihidangkan di meja makan bersama dengan nasi dan lauk lainnya. Dan ingat cara memakan soup ini harus dengan meminum air soup nya bukan dengan sumpit ya. Untuk menu kedua yang akan dimasak, chef Jiebu memutuskan untuk membuat Omurice! Ada yang tahu apa itu omurice? Omurice adalah nasi goreng ala Jepang yang dibungkus dengan telur dadar dan biasanya diolesi saus di atasnya dengan gambar atau bentuk-bentuk yak unik.

editan

Bahan-bahan Membuat Omurice

Nah ini dia penjelasan cara membuat omurice dari chef Jiebu. Bahan :

    • bawang bombai dan bawang putih
    • saus tomat dan saus sambal
    • sosis
    • garam dan lada
    • telur

Bahannya cukup sederhana dan mudah ditemukan di sekitar kita kan?! Tapi kira-kira bagaimana sih cara membuat omurice ala Jiebu? Berikut penjelasannya :

      1. Panaskan minyak goreng, masukkan potongan bawang bombai dan bawang putih, tumis sampai harum
      2. Masukkan 1 sosis yang dipotong tipis, masukkan satu sendok makan saus tomat dan dua sendok makan saus sambal, tumis sampai tercampur rata.
      3. Masukkan nasi putih, masak sampai tercampur rata, sisihkan nasi.
      4. Panaskan minyak, kocok telur bersama garam dan lada, goreng dengan api kecil sampai setengah matang
      5. Letakkan nasi yang sudah digoreng di tengah telur, gulung telur menutupi nasi. Sebelum disajikan jangan lupa ucapkan mantra うまく できますように!!! Dengan suara lantang ya.
      6. Omurice siap disajikan!
IMG-20150411-WA0005

Hasil Jadi Omurice

Cukup mudah kan membuat dua menu masakan Jepang tadi?! Ada yang berminat mencobanya sendiri? sekian dulu untuk kegiatan memasak bersama Jiebu, sampai ketemu di menu selanjutnya dari Jiebu. Memasak bersama Jiebu, masak jadi mudah dan menyenangkan!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s