Silaturahmi Prodi Pendidikan Bahasa Jepang 2015

笑顔で楽しい思い出を作ろう」Itulah tema yang berhasil di usung Asahi untuk bisa dipersembahkan ke semua lapisan masyarakat pendidikan bahasa jepang Unnes (Mari buat kenangan indah dengan senyuman). Tepat pukul 13.00, hari Jumat 11 September 2015 ASAHI (Apresiasi Mahasiswa dalam Himpunan) di gazebo B4 ditemani dengan suasana semarang yang ber-angin dan daun-daun pohon yang mulai berubah warna menjadi cokelat keemasan dan udara yang begitu hangat (sungguh, ini udah mirip musim gugur Jepang ^^) ,di bantu dengan seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang berhasil melangsungkan silaturahmi akbar dari seluruh angkatan guna menyambut mahasiswa baru PBJ 2015 sekaligus ajang pengenalan beberapa kegiatan yang berkaitan dengan prodi PBJ Unnes.
Silapro

          Acara ini juga melibatkan sensei dan beberapa senpaitachi (kakak angkatan) berprestasi yang sudah pernah ke Jepang untuk menambah motivasi mahasiswa baru dalam hal belajar bahasa Jepang (Buyung senpai dan Meta senpai). Dari pengalaman mereka yang bisa dikatakan tidak mudah dan juga membutuhkan ketekunan itu, diharap mampu memicu niat dan semangat untuk bisa seperti mereka, apalagi jika bukan bisa pergi ke Jepang untuk sekedar jalan-jalan bahkan menuntut ilmu disana dan tidak perlu mengeluarkan biaya sendiri sepeserpun. Tidak lupa juga senpaitachi selaku fungsionaris Asahi tahun lalu pun, ikut meramaikan suasana sembari ber-nostalgia. Indra Adhi Barata (Ketua Asahi 2014) dan Hanif Nur Fauzi (Ketua Asahi 2015) dan senpaitachi yang lainnya sempat dipertemukan dan dipersilahkan pula menyambut dan bercakap renyah tentang kekeluargaan Asahi dari tahun ke tahun. Kehangatan suasana juga semakin terasa ketika di adakan tanya jawab antara mahasiswa baru mengenai peluang untuk bisa ke Jepang, dan pengalaman belajar bahasa Jepang di Unnes. Ibu Dwi Puji Asrini S. Pd., M. Pd.(sensei) selaku pembimbing Asahi tahun 2015 mengatakan, “Silahkan minnasan, ikuti kegiatan dikampus yang menunjang cara belajar bahasa Jepang. Jangan hanya terpaku dengan pengajaran di kelas saja. Banyak sekali wadah yang disediakan Asahi untuk minnasan bisa belajar bahasa Jepang dengan menyenangkan dan pasti bermanfaat.”

          Salah seorang dosen termuda bahasa Jepang di Unnes yang saat ini sedang melanjutkan studi di Jepang Ibu Dwi Puspitosari (sensei), juga ikut mempersembahkan video yang khusus direkam sendiri dari Jepang langsung untuk bisa dipertontonkan kepada para mahasiswa baru di hari itu. Selain penampilan dari Asahi band, divisi Bunkashoukai Asahi juga ikut menampilkan tarian yosakoi secara meriah. Hal ini menunjukkan bahwa Asahi bukan hanya menampung kreativitas mahasiswa dalam bidang pendidikan tetapi juga tentang ekspresi dan kebudayaan Jepang. Perkenalan singkat tentang semua divisi di Asahi pun ditanggapi dengan baik dan terbuka oleh mahasiswa baru yang hadir. Diikuti dengan pembagian doorprize menyenangkan, juga menambah rasa silaturahmi semakin menyenangkan. Semua nampak antusias dan meramaikan dari awal hingga puncak acaranya yang ditandai dengan pengumuman seputar Noryoukushiken (tes kemampuan bahasa Jepang) yang di ikuti sebagian besar mahasiswa PBJ Unnes dan akan berlangsung bulan Desember mendatang.

          Banyak keraguan yang diperlihatkan sebagian mahasiswa tahun ajaran baru dalam menyikapi kriteria kegiatan belajar bahasa asing. Tapi selebihnya adalah rasa percaya diri yang mereka perlihatkan pula dengan meng-kritisi senpaitachi nya dengan beribu pertanyaan tentang bagaimana sebaiknya menjadi mahasiswa PBJ Unnes yang diharapkan disetiap generasi. Disini Asahi bersama Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes berharap bisa menjadi acuan para mahasiswa PBJ untuk tidak menyerah dalam belajar./hibariohara/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s