ツキウタ

Bagi Anda yang penggemar Vocaloid atau aktif mengikuti project-project seiyuu, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Tsukiuta (ツキウタ). Bila diartikan secara harfiah, tsukiuta bisa berarti lagu bulan. Nah, jadi apa sih sebenarnya Tsukiuta itu?

Tsukiuta adalah sebuah project kolaborasi antara 12 produser dari Vocaloid dan 24 seiyuu dengan original character bertemakan 12 bulan dalam kalender Masehi. Project Tsukiuta berupa drama CD dan lagu. Setiap bulan diwakili oleh 2 original character yaitu laki-laki dan perempuan, dimana setiap bulannya diampu oleh satu produser.

Keunikan dari Tsukiuta adalah dari temanya yang menggambarkan 12 bulan dalam kalender Masehi. Setiap karakter yang ada di Tsukiuta punya misi untuk menggambarkan dan menunjukkan daya tarik dari setiap bulan yang ada. Karena mempunyai misi yang seperti itu, maka pada drama CD petama setiap karakternya, selain terdapat satu track original song juga ada satu track lagu hasil aransemen atau character version yang merupakan lagu ciri khas tiap bulannya. Contohnya, bulan Desember yang biasanya identik dengan Natal, terdapat lagu Jingle Bells yang telah diaransemen dan dinyanyikan versi karakter bulan Desember. Kemudian bulan Mei yang identik dengan perayaan Koi Nobori atau hari anak bagi anak laki-laki di Jepang, terdapat lagu Koi Nobori yang dinyanyikan oleh karakter bulan Mei.

Cerita Tsukiuta berpusat pada 12 karakter laki-laki dan perempuan dimana antar karakter laki-laki dan perempuan tersebut tidak saling mengenal satu sama lain, atau lebih tepatnya berbeda dunia, kecuali karakter bulan Februari yang merupakan saudara kembar. Berbeda dunia yang dimaksud disini adalah bahwa para karakter laki-laki merupakan manusia yang tinggal di bumi, sedangkan para karakter perempuan tinggal di bulan. Berikut adalah para karakter Tsukiuta.

tsukiuta1

Masing-masing karakter laki-laki dan perempuan dibagi menjadi 2 unit grup idol yang setiap grupnya beranggotakan 6 orang. Grup pertama dari karakter laki-laki Tsukiuta adalah Six Gravity (シックスグラビティー) atau disingkat Gurabi (グラビ) yang beranggotakan karakter dari bulan Desember-Mei. Dari kiri ke kanan : Kisaragi Koi-Februari (CV. Masuda Toshiki), Shiwasu Kakeru-Desember (CV. Kaji Yuki), Yayoi Haru-Maret (CV. Tomoaki Maeno), Mutsuki Hajime-Januari (CV. Toriumi Kousuke), Satsuki Aoi-Mei (CV. KENN), dan Uzuki Arata-April (CV. Hosoya Yoshimasa). Mereka berenam berasal dari Prefektur Kanto dan direkrut satu persatu menjadi idol setelah tidak sengaja menemukan seekor kelinci hitam besar yang ternyata merupakan hewan peliharaan milik Tsukino Geinou Production. Karena itulah image colour dari Six Gravity adalah hitam. Hajime (Januari) merupakan leader dari Six Gravity dan memiliki julukan ‘Ou-sama’ (King).

tsukiuta2

Grup kedua dari karakter laki-laki Tsukiuta adalah Procellarum (プロセラルム) atau disingkat (プロセラ) yang beranggotakan karakter dari bulan Juni-November. Dari kiri-kanan : Kannazuki Iku-Oktober (CV. Ono Kensho), Minazuki Rui-Juni (CV. Aoi Shouta), Fuzuki Kai-Juli (CV. Hatano Wataru), Shimotsuki Shun-November (CV. Kimura Ryouhei), Hazuki You-Agustus (CV. Kakihara Tetsuya), dan Nagatsuki Yoru-September (CV. Kondo Takashi). Mereka berenam berasal dari Prefektur Kansai dan direkrut satu persatu menjadi idol setelah tidak sengaja menemukan seekor kelinci putih besar yang ternyata merupakan hewan peliharaan milik Tsukino Geinou Production, kecuali Kai (Juli) dan Rui (Juni). Karena itulah image colour Procellarum adalah putih. Shun (November) merupakan leader dari Procellarum dan memiliki julukan ‘Maou-sama’ (Devil).

Dikisahkan bahwa Procellarum merupakan brother-group sekaligus rival dari Six Gravity yang debut 6 bulan kemudian setelah Six Gravity debut. Mereka tinggal bersama di suatu asrama di Tokyo milik Tsukino Geinou Production dimana Six Gravity tinggal di lantai 2 dan Procellarum di lantai 3.

tsukiuta3

Berikutnya adalah grup pertama dari karakter perempuan Tsukiuta, yaitu Fluna (フルーナ) yang beranggotakan karakter dari bulan Desember-Mei. Dari kiri-kanan : Momosaki Hina-Maret (CV. Ookubo Rumi), Yuki Wakaba-Mei (CV. Uchiyama Yumi), Hijiri Kurisu-Desember (CV. Kanemoto Hisako), Togawa Chisa-April (CV. Nonaka Ai), Kisaragi Ai-Februari (CV. MAKO), dan Hanazono Yuki-Januari (CV. Imai Asami).

tsukiuta4

Grup kedua dari karakter perempuan Tsukiuta adalah Seleas (セレアス) yang beranggotakan karakter dari bulan Juni-November. Dari kiri-kanan : Motomiya Matsuri-Agustus (CV. Ootsubo Yuuka), Asagiri Akane-September (CV. Fukuhara Kaori), Tendouin Tsubaki-November (CV. Uesaka Sumire), Ichisaki Reina-Oktober (CV. Kurosawa Tomoyo), Terase Yuno-Juni (CV. Satou Rina), dan Himekawa Mizuki-Juli (CV. Ishigami Shizuka).

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, para karakter perempuan tersebut semuanya tinggal di bulan, dimana bulan merupakan sebuah dunia yang menjaga keberlangsungan energi spiritual dari manusia yang ada di bumi. Beberapa orang yang disebut ‘Megami’ merupakan simbol sekaligus perwakilan dari orang-orang bulan yang memiliki tugas untuk membimbing agar energi tersebut tidak terhenti dan mengarah ke jalur yang salah. Untuk itulah mereka semua memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menjadi seorang ‘Megami’. Mereka semua adalah para calon ‘Megami’ yang sekolah di bulan demi menjadi ‘Megami’. Selain itu, mereka juga menjalani aktivitas sebagai net-idol agar sebisa mungkin tetap bisa mengaktifkan energi spiritual bumi. Bahkan sesekali mereka juga main ke bumi lho. Terutama Ai (Februari) yang berasal dari bumi dan merupakan saudara kembar Koi (Februari). Karena sekolah disana merupakan sekolah asrama, Ai hanya bisa pulang ke bumi ketika liburan panjang. Itupun ayah dan kakak kembarnya tidak tau lho kalau dia sekolah di bulan. Kok bisa? Penasaran?

Project Tsukiuta ini pertama kali rilis pada Desember 2012 dimana drama CD dari setiap karakter dirilis tiap bulan mulai dari bulan Desember. Drama CD pertama ini biasa disebut dengan Tsukiuta season 1 dan tampaknya Tsukiuta lebih fokus kepada para karakter laki-lakinya sampai-sampai rilisnya karakter perempuan sempat terhenti hanya sampai bulan Mei. Karakter perempuan baru dirilis semua pada tahun 2014. Project Tsukiuta season 2 hanya fokus pada drama CD duet para karakter laki-laki. Kemudian project Tsukiuta season 3 yang saat ini sedang berjalan juga fokus kepada lagu solo dari para karakter laki-laki. Yang membedakan project season 3 dengan season 1 adalah meskipun lagunya solo, tetapi track audio dramanya merupakan cross-duet antara satu karakter dari Six Gravity dan Procellarum. Jadi tiap bulan akan dirilis dua CD sekaligus, yaitu satu CD dari member Six Gravity dan satu CD dari member Procellarum yang di dalamnya selain terdapat lagu solo dari karakter tersebut, juga ada audio track duet antara karakter tersebut dengan karakter yang dirilis bersamaan dengannya.

Selain drama CD season 1-3 itu, Tsukiuta juga merilis drama CD dari Six Gravity dan Procellarum. Bahkan pada tahun 2014 lalu ada seiyuu event dari Tsukiuta yang dirilis DVD-nya lho. Selain itu juga pada Oktober 2015 nanti, akan mulai dirilis drama CD duet antara karakter laki-laki dan perempuan dari bulan yang sama. Nah, ada kabar gembira juga nih dari Tsukiuta, yaitu bahwa Tsukiuta akan diadaptasi menjadi anime! Wah, kita tunggu saja kapan anime-nya akan ditayangkan, semoga saja dalam waktu dekat ini. Untuk info lengkap soal drama CD yang sudah rilis dan personality serta biodata dari masing-masing karakter, silakan cek website resminya Tsukiuta yaitu tsukiuta.com ya. Atau kalau yang penasaran banget sama drama CD dan kisah lengkapnya, bisa juga cari link download-nya…hihi… (yang ini jangan ditiru XD).

Selamat mendukung karakter dari bulan kelahiran masing-masing! Atau ada yang mau melenceng mendukung karakter dari bulan lain? XD

Source : tsukiuta.com

Written by : Seikou Akina (Rahma Yuniar A.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s