Mahasiwa Unnes Setia Bertanding di Kanji Cup Ke-14

Pada hari Sabtu tanggal 5 Maret 2016 yang cerah, Kanji Cup ke-14 diadakan di Universitas Airlangga, Surabaya. Kanji Cup sendiri merupakan kompetisi aksara kanji Jepang tahunan yang diselenggarakan oleh International Multicutural (I’Mc) Center bersama Konsulat Jenderal Jepang Surabaya. Ajang kompetisi ini merupakan kesempatan yang baik bagi pelajar bahasa Jepang untuk mengasah kemampuannya dalam bidang aksara Jepang serta mendapatkan prestasi. Di gedung penyelenggaraan tersebut tentunya dipadati ratusan mahasiswa yang datang dari berbagai penjuru daerah di Indonesia.

Tahun ini Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Negeri Semarang mengirimkan 12 mahasiswa yang terdiri dari 8 orang peserta level shokyu (re: dasar) yaitu Rendiana Eka Putra Kusnandi, Bayu Andreansyah, Wahyu Nugraeni, Muh. Ricki Nabil Basil, Atika Hatmaning Tryatnika, Hanif Nur Fauzi, Aiffatul Fajria, dan Eva Meitha Pangestika. Sedangkan 4 peserta level chukyu (re: menengah) yang terdiri dari dua tim ialah M. Afhiyan Arisman, Rahma Yuniar Andiantinputri, Dini Nurhandini, dan Wening Indriyanti.

foto bersama

foto bersama peserta Kanji Cup ke-14

antre daftar ulang

Saat antre daftar ulang Kanji Cup ke-14

Kanji Cup tingkat shokyu ditujukan untuk pelajar dengan kemampuan bahasa Jepang level N4, sementara tingkat chukyu ditujukan untuk pelajar dengan kemampuan bahasa Jepang level N3 ke atas. Dalam lombanya sendiri, tingkat shokyu terdiri atas babak penyisihan dan final. Sementara tingkat chukyu terdiri atas babak penyisihan, semifinal, dan final. Pertandingan dimulai pukul 09.00 WIB lalu diawali dengan perlombaan di level chukyu hingga masuk semifinal, kemudian disambung perlombaan di level shokyu dari babak penyisihan sampai final, baru setelah itu pertandingan chukyu dilanjutkan ke babak final. Menariknya, pemenang level chukyu akan diadu kehebatannya dengan tim Persada dan tim dari Nihonjin Gakkou sehingga Kanji Cup menjadi lebih meriah serta mendebarkan. Dilansir dari beritajatim.com dan Berita Kampus Surabaya, seorang mahasiswi dari Universitas Negeri Semarang mengungkapkan apabila peserta yang mengikuti kompetisi ini semuanya hebat, ia juga kagum melihat teman-temannya yang sedang mengikuti pertandingan level menengah ketika diwawancarai oleh jurnalis tersebut.

Dan pada tahun inilah aturan baru di level shokyu diberlakukan. Opsi pemilihan jawaban seperti maru, batsu, maupun angka dilakukan dengan tertib oleh para peserta dengan cara duduk dan berdiri. Misalnya saja jika jawaban soal kanji tersebut nomor 4, maka saat MC membacakan nomor 4, peserta yang memilih jawaban tersebut berdiri sebagai tanda memilih jawaban tersebut. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya di mana para peserta harus berlari dan berpindah tempat ke arah area maru atau batsu maupun nomor satu sampai empat tersebut, hingga kejadian seperti senggol-senggolan maupun jatuh –bisa saja terinjak dan tak dapat bangkit lagi- dan sebagainya tak dapat terelakkan. Berbeda dengan level lainnya, level shokyu menerapkan sistem gugur yaitu ketika seorang peserta sudah memilih jawaban yang salah maka harus mundur dan tidak dapat mengikuti kompetisi lagi.

tim chukyu

Sesi pertandingan tim chukyu Unnes A dan B

level shokyu

Suasana pertandingan level shokyu

Simpulannya, peserta level shokyu Universitas Negeri Semarang belum mampu mencapai ke tingkat yang selanjutnya, sedangkan tim level chukyu dapat mencapai semifinal. Namun sayangnya belum berhasil meraih juara di Kanji Cup ke-14 ini. Pada tahun ini juara 1 level shokyu ialah Setianing (UB) dan juara 2 yaitu Ulfa F. (UB). Kemudian juara 1 level chukyu ialah Ghulam Bintang S. dan Fransisco Antonius  (UNAIR TIM A).

Memang, kami memang belum bisa membanggakan kampus tercinta tetapi kami akan mengevaluasi segala kekurangan dan terus semangat mempelajari kanji untuk memboyong piala Kanji Cup tahun depan. Mata ganbarimashou! 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s