Makanan-makanan  Unik Negeri Sakura

Selain budaya tradisionalnya yang unik, Jepang juga terkenal dengan makanan-makanan yang bentuknya unik bercita rasa lezat dan nikmat.Makanan Jepang (日本の食べ物)mempunyai rasa dan ciri khas berbeda dari negara lain. Menu-menunya  selalu menjadi trend dikalangan masyarakat. Berbagai macam bentuk diciptakan, mulai dari bentuk  yang unik bahkan sampai  bentuk yang aneh. Makanan seperti Ramen, sushi, tempura mungkin sudah biasa karena makanan tersebut mudah di temukan di restoran-restoran Jepang yang ada dinegara kalian. Kali ini ada sesuatu yang sangat berbeda dan hanya ada di Jepang, buat kalian para penjelajah rasa wajib mencoba dan datang langsung ke Negeri Sakura untuk membuktikan keunikan dan kelezatan makanan-makanan Jepang. Berikut adalah beberapa makanan Jepang yang unik dan wajib kalian ketahui :

1.Burger Katak

shirako

Jika mendengar kata burger yang terlintas dipikiran kita adalah roti dan daging yang lezat. Tapi kali ini burgernya  beda dan unik banget. Burger apa itu ??

Yaitu  Burger katak. Makanan ini pertamakali dibuat oleh Yokohama ketika di Jepang terdapat acara Doku Doku Exhibition (acara segala yang berhubungan dengan racun). Tampilannya sangat unik dan bisa dibilang mengerikan. Penyajian makanan ini kataknya tidak dihancurkan melainkan  kataknya digoreng secara utuh dan dijepit diantara kedua roti, kemudian ditambah bahan burger pada umumnya , seperti bawang Bombay, saus cabai, tomat dan mayonais. Cara makannya harus mulai dari kaki katak, jadi seolah-olah katak akan melompat. Untuk yang mau mencoba, kamu bisa mengunjungi kafe Orbi Yokohama di Jepang . Cukup dengan 1000 yen atau RPp 120.000 kamu sudah bisa menikmati makanan yang unik dan hanya bisa dibeli di Jepang saja.

2.Shirako (sperma ikan)

bergerkatak

Dilihat dari bentuknya saja unik banget, bagaimana dengan rasanya ?.Sekilas bentuknya mirip dengan usus sapi, tapi tunggu dulu bukan berati makanan ini terbuat dari usus sapi lho guys. Bentuk dan tampilannya yang unik membuat kita ingin mencobanya bukan?

Makanan yang satu ini sedang menjadi trend dikehidupan masyarakat Jepang . Bahan bakunya  dibuat dari bagian kelamin ikan jantan dan kantung yang berisikan sperma ikan. Menu makanan ini terseda di resto-resto Jepang dan Sushi bar. Bagi kalian penjelajjah kuliner wajib mencoba makanan yang ektrim ini!!

3.Basashi

basashi

Makanan unik ini khas dari prefektur kumamoto.  Makanan ini  sejenis dengan  sashimi tapi yang bikin unik  yaitu terbuat dari daging kuda. Rasanya yang manis dan rendah lemak membuat makanan ini semakin populer di masyarakat Jepang. Tingkat konsumsi basashi di Jepang semakin hari semakin meningkat. Pemerintah Prefektur Kumamoto menjadikan basashi sebagai aset prefektur. Makanan unik  ini selalu menjadi  menu makanan yang dicari-cari. Selain dibuat makanan utama basahi juga dibuat Sebagai makanan penutup, yaitu  dihidangkan dalam bentuk es krim. hanya ada di Jepang lho es krim terbuat dari daging kuda 😀

Satu porsi makanan ini dihargai dengan harga 100 yen. Kini para wisatawan domestik maupun mancanegara semakin meningkat yang berkunjung ke Prefektur Kumamoto karena adanya makanan yang unik ini.

  1. Monjayaki

monjayaki

Monjayaki adalah makanan yang hanya populer di Tokyo. Dilihat dari bentuknya makanan ini terlihat biasa saja, tapi sebenarnya rasanya nikmat dan lezat. Monjayaki merupakan makanan unik yang  cara pembuatannya mirip dengan okonomiyaki. Jika okonomiyaki menggunakan telur sebagai adonan, Monjayaki menggunakan tepung  gandum yang sudah di campur kaldu ikan. Isinya berupa  sayuran yang dimasak diatas papan panas. Sayuran tersebut dimasak setengah matang.Setelah setengah matang sayuran  diguyur bumbu cair campuran tepung dan kaldu ikan. Ketika bumbu mulai mengental, sayuran dan bumbu diaduk menjadi satu, membentuk makanan lembek seperti oat-meal. seperti apa rasanya ..? silahkan mencoba!!

(Nurjannah)

参考: http://jurnal-ap.blogspot.co.id/2011/07/tiga-makanan-eksentrik-dari-negeri.html

Satu pemikiran pada “Makanan-makanan  Unik Negeri Sakura

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s