Langkah demi Langkah Menuju Puncak Nihon Matsuri 2016

 

Kemeriahan Grand Opening Nihon Matsuri 2016

Tepat pada hari Sabtu tanggal 16 April 2016, acara tahunan Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang sukses menyelenggarakan acara tahunan Grand Opening Nihon Matsuri 2016 di gedung B6 Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Diadakan pula sederet lomba bahasa Jepang tingkat SMA sederajat se-Jawa Tengah, yaitu LCC (Lomba Cerdas Cermat), Kana Kontes, dan Lomba Odori (Tarian Jepang). Dan juga Grand Opening kali ini didukung oleh banyak pihak yaitu The Japan Foundation, Zebra, Pelangi, Kingdom, Wasabi, Hikaru, Taksehitako, Minimo, Kopijoss, dan masih banyak lagi.

Acara tersebut dipandu oleh MC Anisha Riski dan Ndaru Septian Adli. Susunan acara yang pertama yaitu menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama seluruh peserta serta panitia Nihon Matsuri 2016 pun terasa amat khidmat. Kemudian disambung dengan sambutan oleh Ketua Nihon Matsuri 2016 Bayu Firdana Lazuardi, kemudian sambutan dari Kepala Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Ibu Silvia Nurhayati, serta sambutan serta pembukaan Grand Opening Nihon Matsuri secara simbolis oleh Kepala Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Ibu Sri Rejeki Urip M.Hum. Barulah sederetan lomba dapat berlangsung dengan lancar, senyum dan kerja keras para peserta juga tergambar dengan jelas saat ditentukan siapa sajakah para pemenangnya.

sambutan all

Sambutan oleh Ketua Panitia Nihon Matsuri, Kaprodi Bahasa Jepang, serta Kajur Bahasa dan Sastra Asing

winner

Para pemenang lomba Odori,  Kana Kontes, dan LCC 

Nihon Matsuri tahun ini memiliki tema “永遠のキズナ” (Eien no Kizuna) berarti ikatan yang abadi sebagai hubungan akur antara Jepang dan Indonesia. Tidak lupa jargon andalan “aye aye aye tanoshii!” juga sering diteriakkan dengan lantang untuk memompa semangat para peserta maupun panitia. Penampilan yang disuguhkan pun sangat beragam. Mulai dari tarian Souran Boshi, Hakumei, serta Tari Merak. Ada pula drama yang menceritakan tentang ikatan abadi yang diperankan oleh maskot Nihon Matsuri 2016 yaitu Jia, Dio, serta Ren yang akan bersambung di Festival Nihon Matsuri tanggal 14 Mei 2016.

 

tarian

 Tarian souran boshi, tari merak, serta hakumei

drama aall

Penampilan drama ikon Nihon Matsuri 2016

Long March Nihon Matsuri 2016

Bukan hanya kegiatan jalan-jalan biasa, arak-arakan yang dilakukan rutin sebelum Festival Nihon Matsuri ini dilakukan oleh segenap mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang ini terus digalakkan demi mendapatkan perhatian oleh mahasiswa Universitas Negeri Semarang dari berbagai fakultas. Tetap setia mengusung ikon tahun ini yaitu Jia, Ren, serta Dio, banyak mahasiswa berebutan berfoto dan membeli tiket presale Nihon Matsuri 2016 seharga Rp 5000. Tidak hanya itu, beberapa cosplay, geisha, dan penampilan tarian Yosakoi serta Souran Boshi yang beraksi di lapangan setiap fakultas pun sangat menarik perhatian mahasiswa di kampus.

 

 

long march

Kegiatan ketika long march

Puncak acara pada tanggal 14 Mei mendatang akan digelar Benron Taikai (lomba pidato bahasa Jepang) tingkat universitas se-Jawa Tengah yang tentunya didukung oleh The Japan Foundation. Juga berbagai lomba yang tidak kalah menarik yang dapat diikuti oleh umum, yaitu CosplaySong CoverDance CoverBand, dan Fan Art. Deretan penampil luar biasa akan ditampilkan oleh The Baby Ways, Giga Of Spirit, Reiji, Pingkel Standing, FeLice, Noisy Boy, cosplay pro oleh Dharma S dan Rey Nigami. Serta yang paling ditunggu-tunggu ialah doorprize liburan ke Karimun Jawa.

Terus ikuti kemeriahan Nihon Matsuri 2016 dan jangan sampai lupa tanggal mainnya ya teman-teman, aye aye tanoshii! 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s