Adu Kemampuan Kanji di Kanji Cup ke-15

IMG_20170314_120226

Minggu, 5 Maret 2017 – Graha Widya Universitas 17 Agustus Jl. Semolowaru, Surabaya. Telah diadakan kompetisi kemampuan huruf kanji, Kanji Cup ke-15 yang diselenggarakan oleh I’Mc (International Multicultural Center) Surabaya,  bekerjasama dengan Konjen (Konsulat Jendral) Jepang di Surabaya, PERSADA (Perhimpunan Alumni dari Jepang), Nihongo Partners dan Japan Foundation.

Dilansir dari Centroone, Tujuan penyelenggaraan lomba Kanji Cup ini adalah untuk meningkatkan motivasi para pembelajar bahasa Jepang di Indonesia. Banyak pelajar beranggapan bahwa huruf kanji merupakan salah satu hal yang sulit dipelajari terutama karena banyaknya cara baca dan huruf yang mirip.

Graha Widya telah dipenuhi para peserta sejak pukul delapan pagi. Tahun ini tercatat bahwa pengunjung yang hadir sebanyak kurang lebih tiga ratus pengunjung, termasuk peserta dan pembimbing.

Kanji Cup ke-15 diikuti oleh mahasiswa jurusan bahasa jepang, baik Pendidikan maupun Sastra. Mahasiswa dari Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Dr. Soetomo, Universitas Brawijaya, turut serta dalam kompetisi ini. Tidak hanya mahasiswa dari Jawa Timur saja yang mengikuti Kanji Cup, peserta dari berbagai penjuru daerah pun ikut berkompetisi, termasuk Jawa Tengah, DKI Jakarta,  DIY, Jawa Barat, dan Bali. Seperti Universitas Negeri Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Gajah Mada, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Udayana, Universitas Saraswati, dan lain-lain. Begitu pula para murid SMA yang turut antusias berlomba di tingkat shokyu (tingkat dasar).

Kompetisi kanji cup dibagi menjadi dua tingkat kesulitan, yaitu shokyu(tingkat dasar) dan chukyu (tingkat menengah). Tahun ini Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes mengirimkan 12 perwakilan untuk mengikuti lomba. Terdiri dari delapan mahasiswa peserta tingkat shokyu dan empat orang yang dibagi menjadi dua tim. Delapan mahasiswa Unnes peserta shokyu tersebut ialah: Rendiana Eka (PBJ’15), Pandan Wangi Yolandari (PBJ’15), Nur Baita (PBJ’15), Cahaya (PBJ’16), Aditya Rafif (PBJ’15), Aditya Fajar (PBJ’16), Isnanda Elok (PBJ’15), dan Putri Indriani (PBJ’15). Sedangkan peserta Chukyu ialah: Rudi Sulistiyanto (PBJ’14) dan Bayu Andreansyah (PBJ’14) dalam satu tim UNNES A, serta tim UNNES B ialah M. Afhiyan (PBJ’13) dan Emfina Arditiya (PBJ’13).

S__5759072250233

Acara dimulai pukul 09.00 ditandai dengan pembukaan oleh kedua MC; satu orang MC adalah orang Indonesia, dan yang lainnya adalah nihonjin. Kedua MC berinteraksi dengan kompak dan bersemangat, membuat suasana lomba menjadi meriah. Tak lupa MC membacakan susunan acara yang akan berlangsung. Susunan acara lomba kanji cup ke-15 adalah sebagai berikut: pembukaan oleh MC, sambutan-sambutan, peresmian acara secara simbolis oleh kepala Konsulat  Jepang di Surabaya, babak penyisihan chukyuu, babak penyisihan shokyu, babak semifinal chukyuu, istirahat/penampilan shodou performance oleh Nihongo Partners, babak final chukyuu, babak exhibition, penyerahan piala kejuaraan, dan terakhir penutup.

Perlombaan dimulai dengan babak penyisihan chukyuu. Tim Unnes A naik ke podium pada blok pertama, bersaing dengan tiga tim lain. Dilanjutkan dengan tim Unnes B pada blok ke tiga. dua dari empat tim setiap blok dengan nilai tertinggi akan maju ke babak semifinal. Sayang sekali kedua tim chukyu hanya bertahan sampai babak penyisihan.

Dilanjutkan dengan babak penyisihan shokyu. Soal terdiri dari soal maru/batsu (benar/salah) dan soal pilihan. Pada tingkat shokyu, diberlakukan sistem gugur, yaitu apabila peserta menjawab pertanyaan dengan salah maka akan gugur dan tidak bisa melajutkan ke babak selanjutnya. Sangat disayangkan pula, mahasiswa dari unnes yang bertahan paling akhir hanya sampai pada pertanyaan ke-23 dari jumlah total 30 pertanyaan. Tiga peserta shokyu yang paling bisa bertahan akan maju ke babak final.

Setalah perlombaan tingkat shokyu berakhir, dilanjutkan dengan babak semi final chukyu, kemudian istirahat. Sambil istirahat, penonton disajikan penampilan hiburan shoudou performance dari Nihongo Partners. Shodou adalah seni kaligraf asal Jepang. Lima orang dengan pakaian hitam–salah satu dari mereka mengenakan hakama, berdiri di atas kertas putih dengan ukuran kira-kira 2×5 meter, menuliskan puisi Jepang menggunakan kuas, lalu menghiasnya dengan ornamen bunga sakura dari kertas. Penampilan berlangsung selama kurang lebih 15 menit.

Acara dilanjutkan dengan babak final chukyu, dan akhirnya dua tim yang berhasil merebut kejuaraan akan diadu kemampuannya di babak exhibition dengan beberapa anggota dari organisasi PERSADA dan orang Jepang dari Nihonjin Gakkou. Disusul dengan penyerahan piala, kemudian penutupan.

berikut daftar pemenang Kanji Cup ke-15:

Juara 1 chukyuu : Fahmi Nahindri dan Robertus Yulianto (Universitas Brawijaya),
Juara 2 chukyuu : Bayu Anugrah dan Suntara Dwi (Universitas Negeri Surabaya)
Juara 1 shokyuu : Amaliya Ahsani (Universitas Brawijaya)
Juara 2 shokyuu : Very Fauzi (Universitas Negeri Surabaya)

Walau pun kalah di perlombaan, namun pengalaman yang didapat tetap membekas di hati para mahasiswa Unnes atas pengalaman yang berharga. Boleh jadi kalah tahun ini, namun di tahun selanjutnya, semoga bisa mendapatkan hasil yang terbaik. Jadikanlah perlombaan ini sebagai tantangan dan pengalaman untuk menjadi lebih baik lagi. Tahun depan, terbuka kesempatan lebar bagi mahasiswa PBJ Unnes untuk mengikuti kanji cup. Jangan ragu dan jangan takut untuk berlomba, jadikan kesempatan yang ada adalah kesempatan yang tidak datang dua kali.

じゃ、皆さん。来年もがんばろう!

(elokisnanda)

*

jangan lupa follow IG dan twitter ASAHI

 

 

 

2 pemikiran pada “Adu Kemampuan Kanji di Kanji Cup ke-15

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s