JLPT Periode 1 tahun 2017 Juga Dilaksanakan di Semarang

jlptlogo1

Sebelumnya, JLPT pernah dibahas di postingan sebelumnya, bisa dilihat di sini. Penulis akan menambahkan sedikit tentang JLPT tahun 2017 periode 1 yang akan diadakan bulan Juli 2017.

Apa itu JLPT?

Sedikit informasi, JLPT (Japanese Language Proficiency Test) atau dalam bahasa Jepang disebut 日本語能力試験(Nihongo nouryoku shiken) adalah ujian kemampuan bahasa Jepang, diperuntukkan bagi pembelajar bahasa Jepang maupun orang-orang non penutur bahasa Jepang. Ujian ini diselenggarakan di berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia sendiri ujian diselenggarakan di beberapa kota di Indonesia, salah satunya Semarang. Ujian terbagi dalam dua periode, yaitu periode pertama dilaksanakan pada minggu pertama bulan Juli serta periode kedua dilaksanakan pada minggu pertama bulan Desember. Ujian dilaksanakan pada hari Minggu, jadi peserta tidak perlu khawatir akan mengganggu aktivitas peserta yang lain.

Pembagian Level/tingkatan dalam JLPT

Ujian JLPT ini terdiri atas lima tingkat: mulai dari N5 (tingkatdasar) hingga level N1 (tingkat mahir/tersulit), yang masing-masing terdiri atas bagian ujian kanji, moji-goi(kosakata), bunpou-dokkai (membaca dan tata bahasa), dan choukai (mendengarkan).

Ujian JLPT juga dilaksanakan di Semarang

Di tahun 2017 ini, untuk pertama kalinya nouken (nouryoku shiken) juga dilaksanakan di Semarang, bersamaan dengan tiga kota besar lain yaitu Jakarta, Surabaya, dan Malang. Selain itu, pendaftaran ujian dilakukan secara online di https://jlptonline.or.id. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 13 Maret 2017 sampai dengan 26 Maret 2017 atau sampai kuota terpenuhi.

Dilansir dari I’Mc Center, berikut daftar kuota maksimal peserta JLPT tahun 2017 periode 1:

Semarang : maksimal 650 peserta

Malang : maksimal 750 peserta

Surabaya : maksimal 1200 peserta

Jakarta :maksimal 2100 peserta

Di Semarang, tempat ujian nouken berlokasi di dua universitas, yaitu UDINUS (Universitas Dian Nuswantoro) dan UNDIP (Universitas Diponegoro).

Kegunaan Sertifikat JLPT

Bagi mahasiswa pembelajar bahasa Jepang, tentunya memegang sertifikat mengikuti/lulus N3 menjadi salah satu syarat kelulusan. Sertifikan JLPT juga berguna jika Anda ingin mengikuti beasiswa ke Jepang, misalnya beasiswa dari Monbukagakusho (MEXT), atau jika Anda ingin bekerja di perusahaan Jepang, sertifikat N3 ke atas sangat dibutuhkan.

Info lebih lanjut dapat dilihat di:

http://www.jlpt.jp/e/index.html

jangan lupa kunjungi website resmi Japan Foundation

*

(elokisnanda)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s