Silaturahmi Prodi 2018, “Menggapai Mimpi Dengan Bahasa Jepang!”

皆さん、お久しぶりですね!。お元気ですか。

Processed with VSCO with c1 preset

Tema silapro tahun ini “Nihongo de yume o mezasu”

Jumat, 14 September 2018, bertepat di Ruang Bundar Dekanat Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang, telah dilaksanakan acara silaturahmi prodi atau yang biasa kita sebut silapro. Silapro adalah acara tahunan yang merupakan salah satu program kerja divisi Uchi to Soto ASAHI. Sama seperti tahun – tahun sebelumnya silapro bertujuan untuk mempererat ikatan keluarga prodi Pendidikan Bahasa Jepang Unnes, agar antar angkatan dan sensei dapat saling mengenal dan menciptakan kerjasama yang baik. Tidak lupa acara ini dibuat sebagai sarana pengenalan akademik prodi Pendidikan Bahasa Jepang. Jadi acara ini lebih mengarah kepada mahasiswa baru agar bisa lebih mengenal jurusan mereka dan tentunya mengenal Sensei, dan senpai yang akan sering ditemui baik dikelas maupun diacara – acara prodi lainnya.

Acara dimulai pukul 14:30 dengan diawali pembukaan oleh MC dan pembacaan susunan acara. Dilanjutkan sambutan oleh Tania-san sebagai ketua panitia, sambutan Habibi-san sebagai ketua ASAHI disertai penayangan video ASAHI, sambutan Chevi-sensei pembimbing ASAHI , sambutan Silvi-sensei sebagai kaprodi Pendidikan Bahasa Jepang, dan sambutan Rina-sensei sebagai Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Asing.

hakumei 2018

Penampilan odori hakumei dari angkatan 2017

Acara selanjutnya di isi penampilan odori dari angkatan 2017 dengan tarian hakumei. Setelah penampilan odori kita masuk ke perkenalan IMAJI (Ikatan Mahasiswa Bahasa & Sastra Jepang se Indonesia), pada sesi ini dijelaskan apa itu imaji, seperti apa kegiatanya, susunan keanggotaannya, dan cerita pengalaman kegiatan di Imaji yang benar – benar menarik.

Processed with VSCO with  preset

Pengenalan Imaji oleh Saudara Rival selaku Koordinator regional Imaji Jawa Tengah

Masuk ke acara inti, kita kedatangan tiga orang pemateri yang luarbiasa. Ke tiga orang pemateri ini memberi kita memotivasi bahwa banyak cara untuk bisa ke Jepang, dan yang dibahas kali ini adalah dengan jalur beasiswa beasiswa. Siapa saja mereka? Pemateri kita yang pertama ada Jundi Nidaaul Fath atau yang akrab disapa Jundi-san. Jundi-san membagikan pengalamanya saat mengikuti program South Asian Teachers, lalu belanjut ke Pemateri berikutnya adalah Rahma Yuniar Andiantinputri. Rahma-san mengikuti program Nihongo Nipponbunka Kenshuu di Kanazawa University selama satu tahun, dan baru kembali ke Indonesia pada tanggal 31 Agustus 2018. Dan Pembicara kita yang ke-3 adalah Lisda Nurjaleka S.S., M.Pd. M.A. atau yang sering kita sapa Lisda – sensei. Lisda – sensei juga baru saja kembali dari Jepang, bahkan saat masih di jepang Lisda-sensei dan Rahma-senpai sempat bertemu loh minna-san. Lisda sensei menjelaskan program beasiswa apa saja yang bisa kita ikuti jika ingin ke Jepang dengan jalur beasiswa.

Masing – masing pemateri membagikan pengalamannya dalam mengikuti program beasiswa di Jepang. Mulai dari bagaimana saat mengikuti seleksi, apa saja yang harus dipersiapkan, kegiatan apa saja yang dilakukan di Jepang, penelitian apa yang dilakukan disana, sampai pengalaman seru lainya. Berbagai foto dan video yang memperlihatkan suasana saat di Jepang banyak ditampilkan, dan pengalaman – pengalaman seru yang mungkin hanya bisa kita rasakan saat berkunjung ke negeri sakura bisa kita lihat dari video yang ditayangkan. Bermacam – macam video, foto, dan cerita pengalaman tadi diharap bisa memotivasi minna san agar terus semangat dan tidak pantang menyerah memiliki impian sampai ke Jepang.

Setelah pembicara selesai menyampaikan materi, disusul dengan sesi tanya jawab, dan diakhiri dengan penampilan ASAHI BAND.

Sekitar pukul lima sore, MC menutup acara dengan kegiatan sesi foto bersama.

じゃ、みんあ、ありがとおうございます。><

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s