Silapro 2020

皆さん、こんにちは、お元気ですか。

HIMA Prodi Pendidikan Bahasa Jepang yakni, ASAHI (Apresiasi Mahasiswa dalam Himpunan) sukses mengadakan program kerja tahunan tidak lain dan tidak bukan SILAPRO (silaturahmi Prodi) pada hari Sabtu, 03 Oktober 2020 yang diadakan melalui via ZOOM. Terima kasih kepada sensei gata untuk menyempatkan waktunya di acara Silapro kali ini dan teman – teman perwakilan dari HIMA BSA dan Himapro.

Acara tahunan Silapro diadakan untuk menyambut mahasiswa baru PBJ 2020 Unnes, memperkenalkan lingkungan Unnes serta memperkuat dan mempererat tali kekeluargan Prodi PBJ Unnes. Tema Silapro tahun 2020 ini yaitu 「距離があっても繋がりを保つ」yang berarti tetap terhubung meskipun berjauhan. Meskipun jarak kita dipisahkan karena pandemi virus korona kita tetap menjaga ikatan.

Acara dimulai dengan pembukaan dari pembukaan MC dari Kian-san, Ketua Jurusan oleh Rina-Sensei, Ketua Prodi oleh Silvi-sensei, ketua panitia Silapro oleh Ridho-san, Ketua Asahi oleh Fajar-san dan Pembina Asahi Lutfi-sensei. setelah penyambutan ada perkenalan sensei-gata yang dibawakan oleh Silvi – sensei.

Setelah pembukaan dan penyambutan. selanjutnya ialah pemaparan materi dari Heni – sensei, Dyah – senpai, dan kazu – senpai. Penyampaian materi pertama ialah Heni – sensei. beliau merupakan lulusan dari Universitas Nagoya. saat beliau di Universitas Nagoya beliau mendalami fonetik dan fonologi. Beliau menceritakan pengalaman belajar di Jepang seperti presentasi mengenai hasil penilitiannya dan mempresentasikan berbagai hal di Indonesia. sensei sempat juga menceritakan pengalaman hidup beliau saat di Jepang dimana beliau menghadiri upacara pernikahan orang Jepang dan ikut serta dalam event Jepang. beliau juga memberikan tips dan trik untuk hidup di Jepang.

Setelah Pemaparan Heni – Sensei ada juga pemarapan dari Dyah – Senpai. Dyah Senpai menerangkan mengenai program beasiswa yang telah ia jalani, kegiatan apa saja yang ia telah lakukan sebagai penerima beasiswa. Dyah – senpai juga menerangkan tahap – tahap untuk mengurus beasiswa, serta trik dan tips untuk mudah lulus seleksi beasiswa. Selanjutnya adalah Kazu- senpai. Kazu-senpai menceritakan betapa sulitnya hidup di Jepang. dari mengatur waktu belajar dan waktu untuk kerja. Kazu – senpai juga memeberikan trik dan tips mengani pekerjaan paruh waktu di Jepang.

Untuk meriahkan suasana di selang acara. Divisi bunka shoukai dan divisi sukizuki menampilkan bebereapa penampilan. divisi bunka shoukai menampilkan odori Tokio Funka dan Kami no mani mani yang membuat para peserta terpana oleh penari khususnya Mba yukata pink. adapun dari divisi sukizuki yang membawakan sebuah lagu oleh Asahi Band yang terkenal karena suaranya yang merdu dan penampilan yang memukau.

Setelah pemaparan materi yang disampaikan oleh Sensei dan senpai tachi. selanjutnya pengenalan mengenai Asahi dan divisi – divisinya. pengenalan Asahi bertujuan untuk mahasiswa baru untuk menemukan bakat dan minat mereka. untuk mengenal bakat dan minta mereka Asahi memperkenlakan divisi yang ada dalam Asahi beserta perkenalan prokram kerja yang dilakukan oleh setiap divisi. selain pengenalan Asahi, juga ada pengenalan NIMATS (Nihon Matsuri) acara tahunan PBJ Unnes.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s